CallWA +62 8121488688 Emailtaufik@hidayat.co.id Facebook Google +

Hal-hal dalam shalat

Menjauhkan diri dari najis

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلاً سَاَلَ النَّبِيَّ ص: اُصَلّى فِى الثَّوْبِ الَّذِى آتِى فِيْهِ اَهْلِى؟ قَالَ: نَعَمْ، اِلاَّ اَنْ تَرَى فِيْهِ شَيْئًا فَتَغْسِلُهُ. احمد و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 132

Dari Jabir bin Samurah, ia berkata : Saya mendengar seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Apakah boleh saya shalat memakai pakaian yang sudah saya pakai mengumpuli istri saya ?”. Nabi SAW menjawab, “Ya boleh, kecuali kalau kamu melihat padanya ada sesuatu (kotoran), maka cucilah ia. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132]

عَنْ مُعَاوِيَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاُمّ حَبِيْبَةَ، هَلْ كَانَ يُصَلّى النَّبِيُّ ص فِى الثَّوْبِ الَّذِى يُجَامِعُ فِيْهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ، اِذَا لَمْ يَكُنْ فِيْهِ اَذًى. الخمسة الا الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 132

Dari Mu’awiyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ummu Habibah, “Apakah Nabi SAW pernah shalat memakai pakaian yang beliau pakai untuk bersetubuh ?”. Ummu Habibah menjawab, “Ya, apabila tidak ada sesuatu kotoran padanya”. [HR Khomsah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 132].

Menggendong anak kecil ketika shalat.

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى وَ هُوَ حَامِلٌ اُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ بِنْتِ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ ِلاَبِى اْلعَاصّ ابْنِ رَبِيْعَةَ ابْنِ عَبْدِ شَمْسٍ فَاِذَا سَجَدَ وَضَعَهَا، وَ اِذَا قَامَ حَمَلَهَا. البخارى 1: 131

Dari Abu Qatadah Al-Anshariy, bahwasanya Rasulullah SAW pernah shalat dengan menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah SAW yaitu anak perempuan Abul ‘Ash bin Rabi’ah bin ‘Abdi Syamsin, “Lalu apabila sujud, beliau meletakkannya. Dan apabila berdiri, beliau menggendongnya lagi. [HR Bukhari juz 1, hal. 131]

Keterangan : Zainab adalah puteri Rasulullah SAW dan istri Abul ‘Ash, jadi Umamah tersebut adalah cucu Rasulullah SAW.

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اْلاَنْصَارِيّ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يَؤُمُّ النَّاسَ وَ اُمَامَةُ بِنْتُ اَبِى اْلعَاصِ وَ هِيَ ابْنَةُ زَيْنَبَ بِنْتِ النَّبِيّ ص عَلَى عَاتِقِهِ، فَاِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا وَ اِذَا رَفَعَ مِنَ السُّجُوْدِ اَعَادَهَا. مسلم 1: 385

Dari Abu Qatadah Al-Anshariy, ia berkata, “Saya melihat Nabi SAW sedang mengimami orang banyak, sedangkan Umamah binti Abil ‘Ash yaitu anak perempuan Zainab binti Nabi SAW berada di pundak beliau. Lalu apabila ruku’, beliau meletakkannya, dan apabila bangkit dari sujud, beliau menggendongnya lagi”. [HR. Muslim juz 1, hal. 385]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اْلعِشَاءَ، فَاِذَا سَجَدَ وَثَبَ اْلحَسَنُ وَ اْلحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ، فَاِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اَخَذَهُمَا مِنْ خَلْفِهِ اَخْذًا رَفِيْقًا وَ يَضَعُهُمَا عَلَى اْلاَرْضِ، فَاِذَا عَادَ عَادَا حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ، ثُمَّ اَقْعَدَ اَحَدَهُمَا عَلَى فَخِذَيْهِ، قَالَ: فَقُمْتُ اِلَيْهِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَرُدُّهُمَا؟ فَبَرَقَتْ بَرْقَةٌ، فَقَالَ لَهُمَا: اَلْحِقَا بِاُمّكُمَا. فَمَكَثَ ضَوْؤُهَا حَتَّى دَخَلاَ. احمد، فى نيل الاوطار 2: 137

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Dahulu kami pernah shalat ‘isyak bersama Nabi SAW, apabila beliau sujud Hasan dan Husain melompat pada punggung beliau. Maka apabila beliau mengangkat kepalanya (dari sujud), beliau ambil keduanya itu dari belakangnya dengan pelan-pelan, lalu beliau letakkan keduanya di tanah. Dan apabila beliau kembali (seperti semula), kedua anak itupun kembali lagi. Begitulah seterusnya hingga beliau menyelesaikan shalatnya. Kemudian salah satu dari keduanya itu beliau dudukkan di atas kedua paha beliau”. Abu Hurairah berkata, “Kemudian aku berdiri menghadap beliau dan berkata, “Ya Rasulullah, apakah perlu kuantar kedua anak ini ?”. Maka wajah beliau bercahaya sambil menyuruh kedua anak itu, “Ikutlah kepada ibumu !”. Maka cahaya itu masih ada sehingga kedua anak itu masuk”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 137]

Keterangan : Hasan dan Husain adalah anak Fathimah, sedangkan Fathimah adalah putri beliau. Jadi keduanya adalah cucu beliau.

Shalat di atas kendaraan.

عَنْ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص انْتَهَى اِلىَ مَضِيْقٍ هُوَ وَ اَصْحَابُهُ وَ هُوَ عَلَى رَاحِلَتِهِ وَ السَّمَاءُ مِنْ فَوْقِهِمْ وَ اْلبِلَّةُ مِنْ اَسْفَلَ مِنْهُمْ فَحَضَرَتِ الصَّلاَةُ فَاَمَرَ اْلمُؤَذّنَ فَاَذَّنَ وَ اَقَامَ ثُمَّ تَقَدَّمَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى بِهِمْ يُوْمِئُ اِيْمَاءً يَجْعَلُ السُّجُوْدَ اَخْفَضَ مِنَ الرُّكُوْعِ. احمد و الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 159

Dari Ya’la bin Murrah bahwasanya Nabi SAW bersama para shahabat sampai di suatu lembah. Beliau berada di atas kendaraannya, padahal langit di atasnya tertutup mendung dan di bawah sangat basah. Kemudian tibalah waktu shalat, maka beliau menyuruh mu’adzdzin supaya beradzan, lalu ia adzan dan iqamah. Kemudian Rasulullah SAW maju dengan tetap diatas kendaraannya, lalu shalat bersama mereka di atas kendaraan dengan berisyarat, beliau menjadikan sujudnya lebih rendah daripada ruku’. [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 159]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى سُبْحَتَهُ حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ نَاقَتُهُ. مسلم 1: 486

Dari Ibu ‘Umar, bahwasanya Rasulullah SAW dahulu shalat sunnah (di atas unta beliau dengan menghadap) menurut unta itu berjalan. [HR. Muslim juz 1, hal. 486]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى وَ هُوَ مُقْبِلٌ مِنْ مَكَّةَ اِلىَ اْلمَدِيْنَةِ عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ كَانَ وَجْهُهُ. قَالَ: وَ فِيْهِ نَزَلَتْ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ. مسلم 1: 486

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata : Dahulu ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah dari Makkah, beliau shalat di atas kendaraannya (dengan menghadap) kemana saja kendaraan itu menghadap. Dan berkenaan dengan itu turun ayat (yang artinya), “Kemana saja kalian menghadap, maka di situlah wajah Allah”. ~Al-baqarah : 115~. [HR. Muslim juz 1, hal. 486]

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا اَرَادَ اَنْ يُصَلّيَ عَلَى رَاحِلَتِهِ تَطَوُّعًا اسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ، فَكَبَّرَ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ خَلَّى عَنْ رَاحِلَتِهِ فَصَلَّى حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ. احمد و ابو داود، فى نيل الاوطار 2: 192

Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila akan shalat sunnah di atas kendaraannya, beliau menghadap qiblat, lalu bertakbir untuk shalat, kemudian membiarkan kendaraannya, maka beliau shalat (dengan menghadap) kemana saja kendaraan itu menuju”. [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 192]

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ. فَاِذَا اَرَادَ اْلفَرِيْضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ. البخارى 1: 104

Dari Jabir, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW shalat (sunnah) diatas kendaraannya kemana saja kendaraan itu menghadap. Maka apabila akan shalat fardlu, beliau turun, lalu menghadap qiblat”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 104]

Tempat-tempat yang dilarang untuk shalat dan yang diperbolehkan

عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: جُعِلَتْ لِيَ اْلاَرْضُ طَهُوْرًا وَ مَسْجِدًا. فَاَيُّمَا رَجُلٍ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 2: 146

Dari Jabir, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Bumi ini dijadikan untukku sebagai pensuci dan untuk tempat sujud. Maka dari itu siapasaja yang menjumpai waktu shalat, maka shalatlah di tempat ia menjumpainya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 146]

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: َاْلاَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ اِلاَّ اْلمَقْبَرَةَ وَ اْلحَمَّامَ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 2: 148

Dari Abu Sa’id, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Bumi ini semuanya tempat bersujud, kecuali quburan dan kamar mandi”. [HR. Khomsah, kecuali Nasaiy, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 148]

عَنْ اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تُصَلُّوْا اِلىَ اْلقُبُوْرِ، وَ لاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا. الجماعة الا البخارى و ابن ماجه، فى نيل الاوطار 2: 150

Dari Abu Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian shalat menghadap quburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 150]

عَنْ جُنْدَبٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ يَقُوْلُ: اِنّى اَبْرَأُ اِلىَ اللهِ اَنْ يَكُوْنَ لِى مِنْكُمْ خَلِيْلٌ فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى قَدِ اتَّخَذَنِى خَلِيْلاً كَمَا اتَّخَذَ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلاً. وَ لَوْ كُنْتُ مُتَخّذًا مِنْ اُمَّتِى خَلِيْلاً لاَتَّخَذْتُ اَبَا بَكْرٍ خَلِيْلاً، اَلاَ وَ اِنَّ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ. اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، اِنّى اَنْهَاكُمْ عَنْ ذٰلِكَ. مسلم 1: 377

Dari Jundab, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW sebelum beliau wafat kurang lima hari, beliau bersabda, “Sesungguhnya aku serahkan kepada Allah orang yang menjadi kekasihku, karena Allah Ta’ala telah menjadikanku kekasih sebagaimana Dia menjadikan Ibrahim sebagai kekasih. Dan seandainya aku menjadikan seseorang kekasih diantara ummatku, tentu aku menjadikan Abu Bakar sebagai kekasihku. Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang dahulu sebelum kalian biasa menjadikan qubur Nabi-nabi mereka dan qubur orang-orang shalih mereka itu sebagai tempat ibadah. Maka dari itu, ingatlah ! janganlah sekali-kali kalian menjadikan qubur-qubur sebagai masjid-masjid. Sesungguhnya aku melarang kalian dari berbuat demikian”. [HR. Muslim juz 1, hal. 377]

Mendirikan masjid di bekas quburan orang kafir

عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيّ ص كَانَ يُحِبُّ اَنْ يُصَلّي حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ. وَ يُصَلّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ. وَ اَنَّهُ اَمَرَ بِبِنَاءِ اْلمَسْجِدِ، فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ مِنْ بَنِى النَّجَّارِ فَقَالَ: يَا بَنِى النَّجَّارِ، ثَامِنُوْنِى بِحَائِطِكُمْ هٰذَا. قَالُوْا: لاَ، وَ اللهِ مَا نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ اِلىَ اللهِ. فَقَالَ اَنَسٌ: وَ كَانَ فِيْهِ مَا اَقُوْلُ لَكُمْ. قُبُوْرُ اْلمُشْرِكِيْنَ. وَ فِيْهِ خَرِبٌ وَ فِيْهِ نَخْلٌ. فَاَمَرَ النَّبِيُّ ص بِقُوُرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِشَتْ ثُمَّ بِالْخَرِبِ فَسُوّيَتْ، ثُمَّ بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةَ اْلمَسْجِدِ وَ جَعَلُوْا عِضَادَتَيْهِ اْلحِجَارَةَ. وَ جَعَلُوْا يَنْقُلُوْنَ الصَّخْرَ وَ هُمْ يَرْتَجِزُوْنَ وَ النَّبِيُّ ص مَعَهُمْ. وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ اْلآخِرَه، فَاغْفِرْ ِلـْلاَنْصَارِ وَ اْلمُهَاجِرَه. احمد و البخارى و مسلم (مختصر)، فى نيل الاوطار 2: 163

Dari Anas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW senang sekali shalat dimana beliau mendapatkan (waktu) untuk shalat itu. Dan beliau pernah shalat di kandang kambing. Dan sesungguhnya beliau menyuruh mendirikan masjid, lalu beliau menyuruh kepada para ketua bani Najjar, dan bersabda, “Hai banu Najjar, juallah kebunmu ini kepadaku !”. Mereka menjawab, “Demi Allah, kami tidak akan meminta harganya melainkan (kami berikan) kepada Allah”. Lalu Anas berkata, “Di dalam kebun itu ada apa yang kami katakan kepada kalian, yaitu qubur orang-orang musyrik, ada lubang-lubang dan ada pohon kurmanya”. Nabi SAW menyuruh membongkar qubur orang-orang musyrik itu, lalu qubur itu dibongkar, lubang-lubang itu diratakan, dan pohon-pohon kurmanya dipotong. Kemudian shahabat-shahabat mengatur pohon kurma itu di bagian qiblat masjid, dan mereka membuat dua tiang pintunya dari batu. Mereka sama memindahkan batu-batu sambil bersya’ir, sedang Nabi SAW bersama mereka, dan beliau pun mengucapkan (yang artinya), “Ya Allah, tiada kebaikan selain kebaikan akhirat, maka ampunilah shahabat-shahabat Anshar dan Muhajirin. [Diringkas dari hadits Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 163]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *