CallWA +62 8121488688 Emailtaufik@hidayat.co.id Facebook Google +

Cara Shalat Bag 7

Bacaan ketika duduk antara dua sujud.

Ketika duduk antara dua sujud kita membaca salah satu do’a sebagai berikut :

عَنْ حُذَ يْفَةَ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ رَبّ اغْفِرْلِى رَبّ اغْفِرْلِى. ابن ماجه

Dari Hudzaifah, ia bekata, “Bahwasanya Nabi SAW membaca diantara dua sujudnya Robbigh firlii – Robbigh firlii (Ya Tuhanku ampunilah daku, Ya Tuhanku ampunilah daku)”. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 289 no. 897].

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى. الترمذى

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, Sesungguhnya Nabi SAW membaca diantara dua sujud Alloohummaghfirlii warhamnii wajburnii wahdinii war zuqnii (Ya Allah ampunilah daku, kasihanilah daku, cukupilah daku, tunjukilah daku dan berilah rezqi kepadaku)”. [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 175]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَعَافِنِى وَاهْدِنِى وَارْزُقْنِى. ابو داود

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi SAW membaca (pada duduk) diantara dua sujud Alloohummaghfirlii warhamnii wa’aafinii wahdinii warzuqnii (Ya Allah, ampunilah daku, kasihanilah daku, berilah ‘afiat kepadaku, tunjukilah daku dan berilah rizqi kepadaku”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 224]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قاَلَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ فِى صَلاَةِ اللَّيْلِ رَبّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَ اجْبُرْنِى وَارْزُقْنِى وَ ارْفَعْنِى. ابن حاجه

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW membaca diantara dua sujud dalam shalat malam Robbighfirlii warhamnii wajburnii warzuqnii warfanii (Ya Tuhanku ampunilah daku, kasihanilah daku, cukupilah daku, berilah rezqi kepadaku dan angkatlah derajatku)”. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 290, no. 898]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ فِى صَلاَةِ اللَّيْلِ رَبّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَ ارْفَعْنِى وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى ثُمَّ سَجَدَ. احمد

Dari Ibnu ‘Abbas bahwasanya Rasulullah SAW membaca diantara dua sujud dalam shalat malam Robbighfirlii warhamnii warfanii warzuqnii wahdinii (Ya Tuhanku ampunilah daku, kasihanilah daku, angkatlah derajatku, berilah rezqi kepadaku dan tunjukilah daku)”, kemudian beliau bersujud. [HR. Ahmad juz 1, hal. 315]

 

Sujud yang kedua dan wajib thuma’ninah pada setiap sujud, rukuk dan bangkit dari keduanya

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص دَخَلَ الْمَسْجِدَ، فَدَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص، فَقَالَ: اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لَمْ تُصَلّ، فَرَجَعَ فَصَلَّى كَمَا صَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص، فَقَالَ: اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لمَْ تُصَلّ، فَرَجَعَ فَصَلَّى كَمَا صَلَّى، ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىّ ص فَقَالَ : اِرْجِعْ فَصَلّ فَاِنَّكَ لَمْ تُصَلّ ثَلاَثًا، فَقَالَ: وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِالْحَقّ مَا اُحْسِنُ غَيْرَهُ فَعَلّمْنِى، فَقَالَ: اِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ فَكَبّرْ، ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنَ الْقُرْآنِ، ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ افْعَلْ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار، لكن ليس لمسلم فيه ذكر السجدة الثانية

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW masuk masjid. Kemudian ada seorang laki-laki masuk masjid lalu shalat. Setelah shalat, orang laki-laki itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam”. Lalu Nabi SAW bersabda, “Kembalilah dan shalatlah karena kamu belum shalat”. Lalu orang laki-laki itu kembali dan shalat sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda, “Kembalilah dan shalatlah, karena kamu belum shalat”. Lalu orang laki-laki itu kembali dan shalat sebagaimana dia shalat tadi. Kemudian orang itu datang kepada Nabi SAW dan memberi salam. Lalu Nabi SAW bersabda, “Kembalilah dan shalatlah, karena kamu belum shalat”. Demikianlah sampai tiga kali, lalu orang laki-laki itu berkata, “Demi Allah yang mengutusmu dengan membawa kebenaran, saya tidak bisa shalat yang lebih baik selain itu. Maka ajarilah saya (wahai Rasulullah) !”. Maka Nabi SAW bersabda, “Apabila kamu berdiri shalat, bertakbirlah, kemudian bacalah apa yang mudah yang ada padamu dari Al-Qur’an, kemudian ruku’lah hingga thuma’ninah di dalam ruku’ itu, kemudian bangkitlah dari ruku’ hingga berdiri tegak, kemudian sujudlah hingga thuma’ninah di dalam sujud itu, kemudian angkatlah kepala dari sujud hingga thuma’ninah dalam duduk (antara dua sujud), kemudian sujudlah (yang kedua) hingga thuma’ninah dalam sujud itu. Kemudian kerjakanlah yang demikian itu dalam shalat semuanya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim dalam Nailul Authar juz 2, hal. 294, tetapi di dalam riwayat Muslim tidak disebutkan tentang sujud yang kedua].

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى قَتَادَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِى يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ كَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: لاَ يُتِمُّ رُكُوْعَهَا وَ لاَ سُجُوْدَهَا، اَوْ قَالَ: لاَ يُقِيْمُ صُلْبَهُ فِى الرُّكُوْعِ وَ السُّجُوْدِ. احمد

Dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah, dari bapaknya, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sejahat-jahat manusia dalam mencuri itu ialah orang yang mencuri dari shalatnya”. Lalu para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana orang mencuri dari shalatnya itu ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Yaitu orang yang tidak menyempurnakan ruku’nya dan tidak pula sujudnya”. Atau beliau bersabda, “Orang yang tidak meluruskan tulang belakangnya di dalam ruku’ dan sujud”. [HR. Ahmad juz 5, hal. 310]

 

Bangun ke raka’at kedua

Setelah kita mengerjakan sujud yang kedua, berarti kita telah mendapatkan satu raka’at. Kemudian bangun dengan bertakbir untuk mengerjakan reka’at berikutnya.

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص لَمَّا سَجَدَ وَقَعَتْ رُكْبَتَاهُ اِلَى اْلاَرْضِ قَبْلَ اَنْ يَقَعَ كَفَّاهُ، فَلَمَّا سَجَدَ وَضَعَ جَبْهَتَهُ بَيْنَ كَفَّيْهِ وَ جَافَى عَنْ اِبْطَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ اعْتَمَدَ عَلَى فَخِذَيْهِ. ابو داود، فى نيل الاوطار

Dari Waail bin Hujr, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi SAW ketika akan sujud, dua lututnya lebih dulu mengenai bumi sebelum dua tangannya. Dan ketika sujud beliau meletakkan dahinya di antara dua tapak tangannya dan menjauhkan (tangannya) dari ketiaknya. Dan apabila bangkit, beliau bangkit atas dua lututnya dan menekan pada dua pahanya”. [HR. Abu Dawud, Nailul Authar juz 2, hal. 300]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ:رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود

Dari Waail bin Hujr, ia berkata, “Aku melihat Nabi SAW apabila sujud beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit, beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 838]

عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ اَنَّهُ رَأَى النَّبِىَّ ص يُصَلّى، فَاِذَا كَانَ فِى وِتْرٍ مِنْ صَلاَتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا. الجماعة الاّ مسلما و ابن ماجه، فى نيل الاوطار

Dari Malik bin Al-Huwairits, sesungguhnya ia melihat Nabi SAW melakukan shalat. Maka apabila bangkit dari raka’at yang ganjil dari shalatnya, beliau tidak bangkit sehingga duduk dengan sempurna. [HR. Jama’ah, kecuali Muslim dan Ibnu Majah, Nailul Authar juz 2, hal. 300]

Memulai raka’at kedua dengan Al-Fatihah

Reka’at kedua dan reka’at selanjutnya, dimulai dengan membaca Al-Fatihah, tanpa membaca doa iftitah :

عَنْ اَبِى هُرَبْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا نَهَضَ فِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ افْتَتَحَ اْلقِرَاءَةَ بِالْحَمْدُ للهِ رَبّ الْعلَمِيْنَ وَ لَمْ يَسْكُتْ. مسلم

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila bangkit pada raka’at kedua, beliau memulai membaca dengan Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, dan beliau tidak diam (untuk membaca do’a iftitah)”. [HR. Muslim juz 1, hal. 419]

 

Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk

عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار

Dari Abu Humaid, ia berkata, “….. Maka apabila beliau SAW duduk pada dua reka’at, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau”. [HR. Bukhari, Nailul Authar juz 2, hal. 306]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: … وَ كَانَ يَقُوْلُ فِى كُلّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ. وَ كَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. مسلم

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “….. Dan adalah beliau SAW membaca at-tahiyyat pada setiap dua reka’at. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan”. [HR. Muslim juz 1, hal. 357].

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا، وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo’a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya”. Dan dalam satu lafadh, “Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri”. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar juz 2, hal. 316]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص: ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَ رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَ جَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلاَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ اَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ اُصْبُعَهُ فَرَاَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار

Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya Rasulullah SAW, “Kemudian beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo’a dengannya. [HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar juz 2, hal. 315]

Keterangan :

Dalam sanad hadits Waail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut dlaif.

Dengan adanya riwayat yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahhud, dan yang lain tidak menyebutkan “menggerak-gerakkan telunjuknya”, di sini bisa dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan kadang-kadang tidak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *