CallWA +62 8121488688 Emailtaufik@hidayat.co.id Facebook Google +

Cara Shalat Bag 4

Diantara riwayat tentang bacaan surat/ayat dalam shalat lima waktu.

عَنْ قُطْبَةَ بْنِ مَالِكٍ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ (وَ النَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَّهَا طَلْعٌ نَّضِيْدٌ). مسلم

Dari Quthbah bin Malik, ia mendengar Nabi SAW membaca dalam shalat Shubuh, Wannakhla baasiqootil lahaa thol’un nadliid” (QS. Qaaf). [HR. Muslim juz 1, hal. 337]

عَنْ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص وَ هُوَ يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ كَاَنّى اَسْمَعُ قِرَاءَتَهُ (فَلاَ اُقْسِمُ بِاْلخُنَّسِ، اْلجَوَارِ اْلكُنَّسِ). ابن ماجه

Dari ‘Amr bin Huraits, ia berkata, “Aku pernah shalat bersama Nabi SAW, beliau membaca dalam shalat Shubuh, seolah-olah aku masih mendengar suara beliau, beliau membaca Falaa uqsimu bilkhunnas, Al-Jawaaril kunnas (QS.At-Takwiir). [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 268]

عَنْ اَبِى بَرْزَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى اْلفَجْرِ مَا بَيْنَ السّتّيْنَ اِلىَ اْلمِائَةِ. ابن ماجه

Dari Abu Barzah bahwasanya Rasulullah SAW biasa membaca dalam shalat Shubuh antara 60 hingga 100 ayat. [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 168]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقْرَأُ فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ يَوْمَ اْلجُمْعَةِ: اَلـم تَنْزِيْلُ، السَّجْدَةَ. وَ هَلْ اَتى عَلَى اْلاِنْسَانِ. ابن ماجه

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW membaca dalam shalat Shubuh pada hari Jum’at Alif Laam Miim tanziil (QS. As-Sajdah) dan Hal ataa ‘alal insaan (QS. Al-Insaan). [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 269]

عَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ اِذَا زُلْزِلَتِ اْلاَرْضُ فِى الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا، قَالَ: فَلاَ اَدْرِىْ اَنَسِيَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَمْ قَرَأَ ذلِكَ عَمْدًا. ابو داود، فى نيل الاوطار

Dari seseorang dari suku Juhainah, bahwasanya dia pernah mendengar Nabi SAW membaca di dalam shalat Shubuh Idzaa zulzilatil ardlu di dalam dua rekaat, masing-masing keduanya membaca seperti itu. Ia berkata : Saya tidak tahu apakah Rasulullah SAW (karena) lupa atau memang sengaja membaca demikian itu”. [HR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 257]

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ بِاللَّيْلِ اِذَا يَغْشى وَ فِى اْلعَصْرِ نَحْوَ ذلِكَ وَ فِى الصُّبْحِ اَطْوَلَ مِنْ ذلِكَ. مسلم

Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, “Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Dhuhur dengan Wallaili idzaa yaghsyaa, dan di dalam shalat ‘Ashar seperti itu juga. Sedang di dalam shalat Shubuh, beliau membaca yang lebih panjang dari itu” [ H.R. Muslim, juz I : 337]

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ بِسَبّحِ اسْمَ رَبّكَ اْلاَعْلى وَ فِى الصُّبْحِ بِاَطْوَلَ مِنْ ذلِكَ. مسلم

Dari Jabir bin Samurah bahwasanya Nabi SAW membaca dalam shalat Dhuhur Sabbihisma rabbikal a’laa (QS. Al-A’laa), dan dalam shalat Shubuh lebih panjang dari pada itu. [HR. Muslim juz 1, hal. 338]

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ ابْنِ مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقْرَأُ بِالطُّوْرِ فِى اْلمَغْرِبِ. مسلم

Dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari bapaknya, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW membaca surat Thuur ketika shalat Maghib. [HR. Muslim juz 1, hal. 338]

عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَرَأَ فِى اْلمَغْرِبِ سُوْرَةَ اْلاَعْرَافِ فَرَّقَهَا فِى الرَّكْعَتَيْنِ. النسائى، فى نيل الاوطار

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah membaca di dalam shalat Maghrib surat Al-A’raf, beliau membagi surat itu di dalam dua rekaat” [HR. Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 261]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ فِى اْلمَغْرِبِ قُلْ يَا أَيُّهَا اْلكَافِرُوْنَ، وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. ابن ماجه

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Maghrib Qulyaa ayyuhal kaafirun dan Qul huwalloohu ahad” [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 272]

عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ اَنَّهُ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اْلعِشَاءَ فَقَرَأَ بِالتّيْنِ وَ الزَّيْتُوْنِ. مسلم

Dari Al-Bara’ bin ‘Azib bahwasanya ia berkata, “Saya pernah shalat ‘Isyak bersama Rasulullah SAW, maka beliau membaca surat Wattiini wazzaituun. [HR. Muslim Juz I, hal 339].

عَنْ جَابِرِ اَنَّهُ قَالَ: صَلَّى مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ اْلاَنْصَارِيُّ ِلاَصْحَابِهِ الْعِشَاءَ، فَطَوَّلَ عَلَيْهِمْ. فَانْصَرَفَ رَجُلٌ مِنَّا فَصَلَّى. فَاُخْبِرَ مُعَاذٌ عَنْهُ. فَقَالَ: اِنَّهُ مُنَافِقٌ. فَلَمَّا بَلَغَ ذلِكَ الرَّجُلَ دَخَلَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَاَخْبَرَهُ مَا قَالَ مُعَاذٌ. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: اَتُرِيْدُ اَنْ تَكُوْنَ فَتَّانًا يَا مُعَاذُ؟ اِذَا اَمَمْتَ النَّاسَ فَاقْرَأْ بِالشَّمْسِ وَ ضُحَاهَا. وَ سَبّحِ اسْمَ رَبّكَ اْلاَعْلَى. وَ اقْرَأْ بِاسْمِ رَبّكَ، وَ الَّيْلِ اِذَا يَغْشى. مسلم

Dari Jabir bahwasanya ia berkata, “Mu’adz bin Jabal Al-Anshariy pernah mengimami shalat ‘Isyak bersama shahabat-shahabatnya, lalu ia membaca surat yang panjang. Lalu ada seorang laki-laki diantara kami yang memutus, lalu ia shalat sendiri. Kemudian Muadz diberitahu tentang hal itu, maka Muadz berkata, Dia munafiq. Maka setelah berita itu sampai kepada laki-laki tersebut, lalu ia menghadap Rasulullah SAW menyampaikan apa yang dikatakan Muadz. Maka Nabi SAW bersabda kepada Muadz, “Ya Mu’adz apakah kamu hendak menjadi tukang penyusah ? Apabila engkau mengimami orang banyak, maka bacalah surat Wasy syamsi wa dluhaahaa, atau Sabbihisma robbikal a’laa, atau Iqro’ bismirobbika, atau wallaili idzaa yaghsyaa. [HR. Muslim juz 1, hal. 340]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ يَؤُمُّهُمْ فِى مَسْجِدِ قُبَا، فَكَانَ كُلَّمَا افْتَتَحَ سُوْرَةً يَقْرَأُ بِهَا لَهُمْ فِى الصَّلاَةِ مِمَّا يَقْرَأُ بِهِ اِفْتَتَحَ بِقُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْهَا. ثُمَّ يَقْرَأُ سُوْرَةً اُخْرَى مَعَهَا، فَكَانَ يَصْنَعُ ذلِكَ فِى كُلّ رَكْعَةٍ، فَلَمَّا اَتَاهُمُ النَّبِيُّ ص اَخْبَرُوْهُ اْلخَبَرَ، فَقَالَ: وَ مَا يَحْمِلُكَ عَلَى لُزُوْمِ هذِهِ السُّوْرَةِ فِى كُلّ رَكْعَةٍ؟ قَالَ: اِنّى اُحِبُّهَا. قَالَ: حُبُّكَ اِيَّاهَا اَدْخَلَكَ اْلجَنَّةَ. الترمذى، و اخرجه البخارى تعليقا، فى نيل الاوطار

Dari Anas, ia berkata, “Dahulu ada seorang dari Anshar mengimami orang-orang di masjid Quba’. Dan setiap dia membaca surat di dalam shalat itu, selalu didahului dengan membaca surat Qul huwalloohu ahad hingga selesai, kemudian baru membaca surat yang lain. Dan ia berbuat demikian pada tiap-tiap rekaat. Maka setelah Nabi SAW datang, lalu orang-orang sama melaporkan kejadian itu. Lalu Nabi SAW bertanya, “Apa yang membuat kamu selalu membaca surat ini dalam setiap rekaat ?”. Orang itu menjawab, “Karena saya menyukainya”. Nabi SAW bersabda, “Kesukaanmu kepada surat itu bisa memasukkan kamu ke surga”. [HR. Tirmidzi dan Bukhari secara ta’liq, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 254-255]

 

Meringankan bacaan ayat/surat apabila mengimami orang banyak

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا اَمَّ اَحَدُكُمُ النَّاسَ فَلْيُخَفّفْ فَإِنَّ فِيْهِمُ الصَّغِيْرَ وَ اْلكَبِيْرَ وَالضَّعِيْفَ وَاْلمَرِيْضَ.فَإِذَا صَلَّى وَحْدَهُ فَلْيُصَلّ كَيْفَ شَاءَ. مسلم

Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian mengimami orang banyak, maka hendaklah ia meringankan. Karena diantara mereka ada anak kecil, orang tua, orang yang lemah dan orang yang sakit. Dan apabila ia shalat sendirian maka bolehlah dia shalat bagaimana saja ia kehendaki”. [HR. Muslim Juz I, hal 341].

عَنْ اَبِى مَسْعُوْدٍ اَلاَنْصَارِيّ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اِنّى لأَتَأَخَّرُ عَنْ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ اَجْلِ فُلاَنٍ مِمَّا يُطِيْلُ بِنَا. فَمَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص غَضِبَ فِى مَوْعِظَةٍ قَطُّ اَشَدَّ مِمَّا غَضِبَ يَوْمَئِذٍ فَقَالَ: يَا اَيُّهَا النَّاسُ اِنَّ مِنْكُمْ مُنَفّرِيْنَ فَأَيُّكُمْ اَمَّ النَّاسَ فَلْيُوْجِزْ. فَإِنَّ مِنْ وَرَاءِهِ اْلكَبِيْرَ وَالضَّعِيْفَ وَ ذَا اْلحَاجَةِ. مسلم

Dari Abu Mas’ud Al-Anshari, ia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata, “Sesungguhnya saya kesiangan karena shalat Shubuh (yang diimami) si fulan yang membaca panjang (dalam shalat tersebut)”. Maka saya (Abu Mas’ud) sama sekali tidak pernah melihat Nabi SAW marah yang lebih marah dalam menasehati dari pada hari itu. Lalu beliau bersabda, “Wahai para manusia, sesungguhnya ada orang yang membuat lari diantara kamu sekalian. Maka siapa yang mengimami orang banyak, hendaklah meringankan, karena di belakang-nya itu ada orang yang tua, lemah dan ada orang yang mempunyai keperluan”. [HR. Muslim Juz I, hal 340].

عَنْ اَنَسٍ، قَالَ اَنَسٌ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيّ مَعَ اُمّهِ وَ هُوَ فِى الصَّلاَةِ، فَيَقْرَأُ بِالسُّوْرَةِ اْلخَفِيْفَةِ اَوْ بِالسُّوْرَةِ اْلقَصِيْرَةِ. مسلم

Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW pernah mendengar tangisnya anak kecil yang ikut ibunya, ketika itu beliau sedang shalat, maka beliau membaca surat yang ringan atau surat yang pendek. [HR. Muslim juz 1, hal. 342]

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّى َلاَدْخُلُ الصَّلاَةَ اُرِيْدُ اِطَالَتَهَا فَاَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيّ، فَاُخَفّفُ مِنْ شِدَّةِ وَجْدِ اُمّهِ بِهِ. مسلم

Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, Sesungguhnya ketika aku shalat dan ingin membaca surat yang panjang, tiba-tiba mendengar suara tangis anak kecil. Maka aku ringankan bacaan shalat itu karena khawatir kerisauan hati ibu itu terhadap anaknya. [HR. Muslim juz 1, hal. 343]

 

Ruku.

Apabila telah selesai membaca Al-Fatihah dan Surat/ayat Al-Qur’an, lalu mengerjakan ruku’.

قَالَ اَبُوْ حُمَيْدِ السَّاعِدِيّ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ اعْتَدَلَ قَائِمًا وَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ، فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ اَللهُ اَكْبَرُ وَ رَكَعَ ثُمَّ اعْتَدَلَ فَلَمْ يُصَوّبْ رَأْسَهُ وَ لَمْ يُقْنِعْ وَ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ. الترمذى

Telah berkata Abu Humaid As-Saa’idiy, “Adalah Rasulullah SAW apabila hendak shalat, beliau berdiri tegak dan mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya (kemudian bertakbir). Maka apabila hendak ruku’, beliau mengangkat dua tangannya hingga berbetulan dengan dua bahunya kemudian membaca Alloohu Akbar, lalu ruku’ dengan lurus, yakni tidak terlalu menundukkan dan tidak pula meninggikan kepalanya, dan beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya. [HSR. Tirmidzi juz 1, hal. 188]

وَ فِى حَدِيْثِ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ عَنِ النَّبِيّ ص: وَ اِذَا رَكَعْتَ فَضَعْ رَاحَتَيْكَ عَلَى رُكْبَتَيْكَ. ابو داود، فى نيل الاوطار

Dan dalam haditsnya Rifa’ah bin Rafi’ dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Dan apabila kamu ruku’ maka letakkanlah dua tapak tanganmu pada dua lututmu. [HSR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 272]

عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا رَكَعَ فَرَّجَ اَصَابِعَهُ وَ اِذَا سَجَدَ ضَمَّ اَصَابِعَهُ. البيهقى

Dari ‘Alqamah bin Waail bin Hujr dari bapaknya, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila ruku’, beliau merenggangkan jari-jari tangannya, dan apabila sujud, beliau merapatkan jari-jari tangannya. [HR. Baihaqi juz 2, hal. 112]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *