CallWA +62 8121488688 Emailtaufik@hidayat.co.id Facebook Google +

Cara mandi janabat atau haidl

Mandi Janabat

Mandi janabat dan hal-hal yang berhubungan dengannya

Mandi janabat adalah mandi yang disyariatkan oleh agama bagi orang yang berhadats besar apabila mereka akan shalat.

Adapun hal-hal yang termasuk hadats besar dan wajib mandi, ialah :

  1. Sehabis bersetubuh, baik keluar mani maupun tidak.

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ عَلَيْهِ اْلغُسْلُ . احمد و البخارى و مسلم. و لمسلم و احمد: وَ اِنْ لَمْ يُنْزِلْ. فى نيل الاوطار 1: 259

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda, “Apabila (seorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya) kemudian mereka menyetubuhinya, maka sungguh telah wajib mandi atasnya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] Dan dalam riwayat Muslim dan Ahmad, ada tambahan, “Meskipun ia tidak keluar mani”. [Dalam Nailul Authar juz 1, hal. 259].

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَعَدَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ مَسَّ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ اْلغُسْلُ. احمد و مسلم و الترمذى و صححه و لفظه. اِذَا جَاوَزَ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ وَجَبَ اْلغُسْلُ. نيل الاوطار 1: 260

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila (seseorang diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua tangannya), kemudian khitan menyentuh khitan, maka sungguh telah wajib mandi”. [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya] Adapun lafadh Tirmidzi : “Apabila khitan melewati khitan, maka wajib mandi”.[HR. Tirmidzi I : 73, dalam.Nailul Authar juz 1 hal. 260]

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيّ ص قَالَتْ: اِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ اَهْلَهُ يُكْسِلُ. هَلْ عَلَيْهِمَا اْلغُسْلُ؟ وَ عَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنّى َلاَفْعَلُ ذلِكَ اَنَا وَهذِهِ. ثُمَّ نَغْتَسِلُ. مسلم: 1: 272

Dari ‘Aisyah RA istri Nabi SAW, ia berkata : Sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang laki-laki yang mengumpuli istrinya, tetapi ia tidak keluar mani. Apakah keduanya wajib mandi ?. Pada waktu itu ‘Aisyah sedang duduk (di dekat Nabi SAW). Maka Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku pernah melakukannya yang demikian itu, aku dengan istriku ini, kemudian kami mandi”. [Muslim I : 272]

  1. Mengeluarkan mani sebab mimpi dan lain-lain

عَنْ عَلِيّ رض قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: فِى اْلمَذِيّ اْلوُضُوْءُ وَ فِى اْلمَنِيّ اْلغُسْلُ. احمد و ابن ماجه و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار1: 257

Dari Ali RA, ia berkata : Aku adalah seorang laki-laki yang banyak mengeluarkan madzi. Maka aku bertanya kepada Nabi SAW tentang hal itu. Nabi SAW menjawab, “Madzi hanya mewajibkan wudlu, dan (keluar) mani mewajibkan mandi”. [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi dan ia menshahihkannya, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 257]

عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ اَنَّهَا سَأَلَتِ النَّبِيَّ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ، فَقَالَ: لَيْسَ عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ. احمد فى نيل الاوطار 1: 262

Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang wanita yang bermimpi sebagaimana orang laki-laki bermimpi, maka jawab Nabi SAW, “Wanita itu tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani, sebagaimana laki-laki juga tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani”. [HR. Ahmad, di dalam Nailul Authar I : 262]

عَنْ خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلمَرْأَةِ تَحْتَلِمُ فِى مَنَامِهَا، فَقَالَ: اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ فَلْتَغْتَسِلْ. النسائى

Dari Khaulah binti Hakim, ia berkata : Saya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wanita yang bermimpi dalam tidurnya, maka jawab Rasulullah SAW, “Apabila wanita itu melihat air (mani) hendaklah ia mandi”. [HR. Nasai I : 115]

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ اْلبَلَلَ وَ لاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا، فَقَالَ: يَغْتَسِلُ. وَ عَنِ الرَّجُلِ يَرَى اَنْ قَدِ احْتَلَمَ وَ لاَ يَجِدُ اْلبَلَلَ، فَقَالَ: لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ. فَقَالَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ: آلْمَرْأَةُ تَرَى ذلِكَ عَلَيْهَا اْلغُسْلُ؟ قَالَ: نَعَمْ. اِنَّمَا النّسَاءُ شَقَائِقُ الرّجَالِ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 1: 263

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang mendapati basah (keluar mani) tetapi ia tidak ingat bahwa ia bermimpi, maka jawab Rasulullah SAW, “(Orang itu wajib) mandi”. Dan Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang bermimpi tetapi tidak mendapati basahan mani, maka jawab Rasulullah SAW, “Tidak wajib mandi atasnya”. Kemudian Ummu Sulaim bertanya (kepada Rasulullah SAW), “Orang wanita kalau mimpi yang demikian itu apakah juga wajib mandi ?”. Jawab Rasulullah SAW, “Ya, hanyasanya wanita itu saudaranya laki-laki”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar I : 263]

عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ: جَاءَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ اِلَى النَّبِيّ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اللهَ لاَ يَسْتَحْيِى مِنَ اْلحَقّ، فَهَلْ عَلَى اْلمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ اِذَا احْتَلَمَتْ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ. فَقَالَتْ اُمُّ سَلَمَةَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ تَحْتَلِمُ اْلمَرْأَةُ؟ فَقَالَ: تَرِبَتْ يَدَاكِ، فَبِمَ يُشْبِهُهَا وَلَدُهَا؟ مسلم 1: 251

Dari Ummu Salamah, ia berkata : Ummu Sulaim pernah datang kepada Nabi SAW. (Ummu Sulaim) berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu menerangkan kebenaran. Apakah wanita wajib mandi apabila ia mimpi basah ?”. Maka jawab Rasulullah SAW, “Ya, apabila ia melihat air (mani)”. Ummu Salamah bertanya, “Apakah wanita juga bermimpi (keluar mani) ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Berdebu kedua tanganmu, (kalau tidak mengeluarkan mani) maka dengan apa anaknya itu menyerupainya ?”. [HR. Muslim I : 251]

  1. Wanita setelah selesai haidl/nifas dan hendak shalat

عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ اَبِى حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَ:ذلِكِ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِاْلحَيْضَةِ.فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا اَدْبَرَتْ فَاغْتَسِلِى وَ صَلّى. البخارى1: 82

Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Fathimah binti Abu Hubaisy dulu menderita istihadhah, lalu ia bertanya kepada Nabi SAW. Maka Nabi SAW bersabda, “Yang demikian itu adalah (gangguan) urat, bukan darah haidl. Karena itu apabila datang haidl, tinggalkanlah shalat dan apabila sudah selesai (haidl itu), mandilah dan shalatlah”. [HR. Bukhari juz 1 hal 82]

Cara mandi janabat/haidl

  1. Bagi laki-laki, wajib meratakan air ke seluruh tubuh.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يَاْخُذُ اْلمَاءَ فَيُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اُصُوْلِ الشَّعَرِ حَتَّى اِذَا رَاَى اَنْ قَدِ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ حَفَنَاتٍ ثُمَّ اَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ. مسلم

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila mandi janabat, beliau memulai dengan mencuci dua tangannya. Kemudian beliau menuangkan air dengan tangan kanannya pada tangan kirinya, lalu mencuci kemaluannya. Kemudian beliau berwudlu seperti wudlu untuk shalat, lalu mengambil air (dengan tangan) dan memasukkan jari-jari beliau pada pangkal-pangkal rambut, sehingga apabila dirasanya sudah merata, barulah beliau menyiram kepala beliau tiga kali dengan kedua tangan. Kemudian beliau menyiram seluruh tubuhnya, lalu mencuci kedua kaki beliau”. [HR. Muslim I : 253]

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيّ ص اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اْلمَاءِ فَيُخَلّلْ بِهَا اُصُوْلَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيْضُ اْلمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلّهِ. البخارى 1: 68

Dari ‘Aisyah istri Nabi SAW, ia berkata, bahwasanya Nabi SAW apabila mandi janabat beliau memulai dengan membasuh kedua tangan beliau, kemudian berwudlu sebagaimana beliau wudlu untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jari beliau ke dalam air, lalu meratakannya dengan jari-jari beliau ke pangkal-pangkal rambut. Kemudian beliau menuangkan pada kepala beliau tiga kali cidukan dengan kedua tangan beliau, lalu menyiramkan air pada seluruh kulit (badan) beliau”. [HR. Bukhari I : 68]

  1. Bagi wanita.

*   Bagian kepala cukup dengan disiram tiga kali, tanpa harus membuka sanggul rambutnya, namun apabila akan membuka sanggulnya, boleh juga .

*   Kemudian menyiramkan air ke seluruh tubuh hingga rata.

عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنّى امْرَاَةٌ اَشُدُّ ضَفْرَ رَأْسِيْ اَفَاَنْقُضُهُ لِغُسْلِ اْلجَنَابَةِ؟ قَالَ: لاَ، اِنَّمَا يَكْفِيْكِ اَنْ تَحْثِى عَلَى رَأْسِكِ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيْضِيْنَ عَلَيْكِ اْلمَاءَ فَتَطْهُرِيْنَ. مسلم 1: 259

Dari Ummu Salamah, ia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, saya adalah seorang wanita yang memintal (nglabang) rambut saya, oleh karena itu apakah saya harus membukanya untuk mandi janabat ?”. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak, cukup bagimu hanya dengan menyiram kepalamu tiga kali siraman, kemudian kamu menyiramkan air ke seluruh tubuhmu. Dengan begitu kamu sudah bersih”. [HR. Muslim I : 259]

وَ فِى رِوَايَةٍ: فَاَنْقُضُهُ لِلْحَيْضَةِ وَ اْلجَنَابَةِ؟ فَقَالَ: لاَ. مسلم 1: 260

Dan dalam riwayat lain, “Apakah saya harus membukanya untuk mandi haidl dan janabat ?”. Rasulullah SAW menjawab, “Tidak”. [HR. Muslim I : 260]

عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ: بَلَغَ عَائِشَةَ اَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرٍو يَاْمُرُ النّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ اَنْ يَنْقُضْنَ رُءُوْسَهُنَّ، فَقَالَتْ: يَا عَجَبًا ِلاِبْنِ عَمْرٍو وَ هُوَ يَأْمُرُ النّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ بِنَقْضِ رُءُوْسِهِنَّ اَوَ مَا يَأْمُرُهُنَّ اَنْ يَحْلِقْنَ رُءُوْسَهُنَّ. لَقَدْ كُنْتُ اَغْتَسِلُ اَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ اِنَاءٍ وَاحِدٍ وَ مَا اَزِيْدُ عَلَى اَنْ اُفْرِغَ عَلَى رَأْسِيْ ثَلاَثَ اِفْرَاغَاتٍ. احمد و مسلم، فى نيل الاوطار 1: 292

Dari ‘Ubaidillah bin ‘Umair, ia berkata, “Telah sampai khabar kepada ‘Aisyah bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Amr menyuruh para wanita apabila mandi supaya membuka (sanggul) rambutnya. Maka ‘Aisyah berkata, “Saya heran kepada Ibnu ‘Amr, dia menyuruh para wanita bila mandi supaya membuka (sanggul) rambutnya. Mengapa dia tidak menyuruh para wanita untuk mencukur rambutnya saja ?. Sungguh saya pernah mandi bersama Rasulullah SAW dari satu bejana, dan saya tidak lebih menyiram pada kepala saya dari tiga kali cidukan”. [HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar I : 292]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَأَلَتِ امْرَاَةٌ النَّبِيَّ ص: كَيْفَ تَغْتَسِلُ مِنْ حَيْضَتِهَا؟ قَالَ: فَذَكَرَتْ اَنَّهُ عَلَّمَهَا كَيْفَ تَغْتَسِلُ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مِنْ مِسْكٍ فَتَطَهَّرُ بِهَا. قَالَتْ: كَيْفَ اَتَطَهَّرُ بِهَا؟ قَالَ: تَطَهَّرِى بِهَا، سُبْحَانَ اللهِ، وَاسْتَتَرَ (وَ اَشَارَ لَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ بِيَدِهِ عَلَى وَجْهِهِ). قَالَ: قَالَتْ عَائِشَةُ: وَاجْتَذَبْتُهَا اِلَيَّ وَ عَرَفْتُ مَا اَرَادَ النَّبِيُّ ص فَقُلْتُ: تَتَبَّعِى بِهَا آثَارَ الدَّمِ. مسلم 1: 260

Dari ‘Aisyah, ia berkata : Ada seorang wanita bertanya kepada Nabi SAW, “Bagaimana caranya seorang wanita mandi dari haidlnya ?”. Perawi hadits berkata : Kemudian ‘Aisyah menyebutkan bahwa beliau mengajarkan cara mandi kepada wanita itu, “Kemudian (agar) ia mengambil kapas yang diberi misk, lalu ia gunakan untuk bersuci”. Wanita itu bertanya, “Bagaimana cara menggunakannya ?”. Beliau bersabda, “Kamu gunakan itu untuk bersuci. Maha Suci Allah”. Dan beliau berbisik, (Sufyan bin ‘Uyainah memberi isyarat kepada kami dengan tangannya pada wajahnya). Perawi melanjutkan ceritanya : ‘Aisyah berkata, “Lalu aku tarik wanita itu, dan aku tahu apa yang dikehendaki Nabi SAW. Lalu aku berkata kepadanya, “Usaplah bekas darah haidlmu dengan kapas itu”. [Muslim I : 260]

عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ اَسْمَاءَ سَاَلَتِ النَّبِيَّ ص عَنْ غُسْلِ اْلمَحِيْضِ، فَقَالَ: تَأْخُذُ اِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَتَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُوْرَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُهُ دَلْكًا شَدِيْدًا حَتَّى تَبْلُغَ شُؤُوْنَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا اْلمَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا. فَقَالَتْ اَسْمَاءُ: وَكَيْفَ تَطَهَّرُ بِهَا؟ فَقَالَ: سُبْحَانَ اللهِ، تَطَهَّرِيْنَ بِهَا. فَقَالَتْ عَائِشَةُ كَاَنَّهَا تُخْفِى ذلِكَ تَتَبَّعِيْنَ اَثَرَ الدَّمِ. وَ سَأَلَتْهُ عَنْ غُسْلِ اْلجَنَابَةِ. فَقَالَ: تَأْخُذُ مَاءً فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُوْرَ اَوْ تُبْلِغُ الطُّهُوْرَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتَدْلُكُهُ حَتَّى تَبْلُغَ شُؤُوْنَ رَأْسِهَا ثُمَّ تُفِيْضُ عَلَيْهَا اْلمَاءَ. فَقَالَتْ عَائِشَةُ: نِعْمَ النّسَاءُ نِسَاءُ اْلاَنْصَارِ لَمْ يَكُنْ يَمْنَعُهُنَّ اْلحَيَاءُ اَنْ يَتَفَقَّهْنَ فِى الدّيْنِ. مسلم

Dari ‘Aisyah bahwa Asma’ pernah bertanya kepada Nabi SAW tentang mandi sehabis haidl. Beliau SAW bersabda, “Salah seorang diantara kamu mengambil air dan daun bidara, lalu bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian menuangkan air ke kepala dan menggosoknya dengan keras sampai ke pangkal rambutnya. Selanjutnya menyiramkan air (ke tubuhnya) lalu mengambil kapas yang diberi misk, kemudian digunakannya untuk bersuci”. Asma’ bertanya, “Bagaimana cara bersuci dengan kapas itu ?”. Beliau bersabda, “Maha Suci Allah, kamu bersuci dengannya !”. Kemudian ‘Aisyah berkata (seakan-akan ia berbisik), “Kamu gunakan untuk mengusap bekas darah !”. Asma’ bertanya lagi tentang mandi janabat, beliau bersabda, “(hendaklah) ia mengambil air lalu bersuci dengan cara yang bagus atau menyangatkan dalam bersuci. Setelah itu menyiram kepalanya, lalu menggosoknya sampai ke pangkal rambut, kemudian menyiram tubuhnya”. ‘Aisyah berkata, “Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar, mereka tidak malu memper-dalam pengetahuan mereka tentang agama”. [HR. Muslim 1 : 261]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *